MANFAAT CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)




Dalam menangani pengangguran, Kemiskinan, dan ketimpangan yang cukup besar di Indonesia, baik pemerintah, Filantropi, LSM dan pelaku dunia usaha bergotong royong untuk mengurangi itu semua dengan adanya CSR bagi Perusahaan.

APA ITU CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)?

CSR adalah suatu mekanisme dalam perusahaan untuk secara sadar untuk mengintegrasikan perhatian terhadap lingkungan sosial kedalam operasi dan interaksinya dengan stakeholder, yang melampaui tanggung jawab sosial di bidang hukum.

Suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatan tidak hanya memikirkan atau mengambil keputusan dalam aspek ekonomi (keuntungan) saja, tapi juga harus memikirkan dampak sosial dan lingkungan yang mungkin timbul dari keputusan tersebut.

Jadi CSR sangat penting bagi Perusahaan dan Masyarakat dilingkungan perusahaan, masyarakat mendapatkan manfaat dengan adanya CSR dari Perusahaan dan perusahaan juga akan mendapat manfaat seperti dengan leluasa melakukan kegiataan usaha didaerah tersebut.

PEMERINTAH MELUNCURKAN SIDAYA

Dengan banyaknya daerah yang masih membutuhkan manfaat dari CSR dan banyak perusahaan yang membutuhkan data yang otentik dan valid untuk menyalurkan kegiatan CSR, Maka pemerintah akan meluncurkan SIDAYA.

APAKAH SIDAYA ITU ?


SIDAYA ( Sistem Informasi Pemberdayaan Sosial ) adalah Sistem Informasi dan Data seputar Pengembangan Pemberdayaan Sosial.


SIDAYA akan menyediakan Informasi dan Data yang menunjang terlaksananya fungsi koordinasi, inisiasi, fasilitasi, dan menyinergikan potensi pelaku usaha, lembaga sosial, perguruan tinggi dan masyarakat untuk mengoptimalkan implementasi tanggungjawab sosial dunia usaha dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, sebagai upaya percepatan pencapaian tujuan pembangunan Kesejahteraan Sosial.

SIDAYA akan berisikan data PMKS ( Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) di seluruh Indonesia berdasarkan Propinsi sampai tingkat desa atau kelurahan , Data PMKS ini akan meliputi data : Kemiskinan, Keterlantaran, Kecacatan, Keterpencilan, Ketunaan Sosial atau Penyimpangan Perilaku, Korban Bencana, Korban tindak kekerasan, eksploitasi dan diskrimasi.

SIDAYA juga akan menyediakan data program dan kegiatan serta  potensi pemanfaatan dana CSR dan Filantropi berbasis wilayah atau Zonasi.


Dengan SIDAYA diharapkan dapat mempermudah Anggota Filantropi, Masyarakat, LSM dan Dunia Usaha untuk mendapatkan data valid agar program CSR bisa berjalan dengan baik.



Jadi mulai dari sekarang walaupun ditingkat terkecil seperti RT / Keluarga bisa bergotong royong saling bahu membahu untuk mengentaskan masalah sosial di lingkungan kita.

-salam-
lovvanur





Comments

Popular posts from this blog

Apartemen Apple 3 Condovilla Lebak Bulus Jakarta Selatan

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DALAM MENDUKUNG THREE ENDS DI ERA TEKNOLOGI

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Ikuti 5 Langkah Ini